Senin, 17 November 2008

PANTAI PANDANSIMO

Sumber:Dari berbagai sumber

Kalo ngmongin tentang wisata alam yang ada di Bantul memang g da habisnya apa lagi kalau ngomongin tentang pantai yang ada di Bantul,salah satunya Pantai Pandansimo.

Pantai Pandansimo terletak di Kabupaten Bantu, tepatnya 20 km arah barat daya kota bantul dan 30 km ke arah selatan dari Kota Jogja atau Yogyakarta. Pantai ini bersebalahan dengan muara sungai progo sekaligus pantai paling barat dari deratan pantai selatan yang masuk wilayah Kab. bantul.

Pantai pandansimo memiliki daya tarik tersendiri; deburan ombak, panorama yang khas dengan adanya kegiatan nelayan dan pelelangan ikan. Di dekat Pantai Pandansimo, sekitar 300m dari TPR terdapat Lokasi Pertapaan Pandansimo, dan ke arah barat kurang lebih 1km terdapat Pertapaan Pandanpayung.

Pandansimo sendiri berasal dari kata pandan (pohon pandan) dan simo (macam). selain sebagai tempat wisata, tempat ini meruapakan tempat ziarah karena dulu merupakan tempat pertapaan Hamngkubhuwono ke VIII. oleh karena itu oleh Sri Sultan HB VIII daerah ini kemudian dirawat sebagai tempat wisata dan ziarah.

Tidak ada komentar: